Selasa, 17 Maret 2009

KEHIDUPAN PASAR TRADISIONAL (Studi Struktur dan Organisasi Pedagang Kain Pasar Tradisional Klewer )

RINGKASAN DAN SUMMARY

Eva Agustinawati, L.V.Ratna Devi S. KEHIDUPAN PASAR TRADISIONAL (Studi Struktur dan Organisasi Pedagang Kain Pasar Tradisional Klewer ), Surakarta : FISIP UNS, 2007

Fokus penelitian ini adalah untuk menggambarkan kultur sosial yang ada di komunitas pedagang kain pasar Klewer. Menggambarkan struktur yang meliputi bentuk, relasi, kolektivitas dan hubungan antar golongan. Gambaran tentang struktur sosial untuk melihat organisasi yang terbentuk pada pedagang kain di pasar Klewer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kwalitatif yang mengambil lokasi dfi Pasar Klewer Surakarta. Populasinya adalah pedagang kain, adapun sample ditarik dari pedagang kain yang mampu mewakili semua golongan maupun kelas yang keberadaannya sebagai akibat dari kultur yang ada di pasar Klewer. Menggunakan tehnik sampling purposive dan variasi maksimum, didapat pedagang menurut jalur distribusi, yaitu pedagang distributor (pemasok tunggal), pedagang partai besar (grosir), pedagang eceran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah indept interview, untuk memperoleh data tentang rahasia perdagangan dilakukan metode mendampingi daily life pedagang, yaitu mengikuti pedagang mulai dari membuka kios sampai menutup kios. Kemudian dilanjutkan mengikuti kegiatan pedagang di rumah, karena transaksi tidak hanya dilakukan di pasar, tetapi juga dilakukan di rumah.

Hasil penelitian; hubungan atau relasi dalam perilaku ekonomi tidak berjalan dengan sendirinya, tetapi masih diwarnai dengan nilai-nilai turun-temurun tentang system yang digunakan dalam kehidupan pasar. Nilai-nilai ini melembaga dalam kehidupan sebagai nilai hakekat kehidupan yang mampu menyeimbangkan hubungan antar individu ditengah persaingan dagang yang ketat dan sering sangat tajam. Melembaganya nilai-nilai ini dapat dilihat dengan timbulnya struktur nilai yang nampak egaliter yang sangat berbeda dengan struktur yang ditimbulkan oleh adanya relasi dagang dan hubungan antar golongan. Dalam relasi dagang terbentuk strutur vertical sebagai otoritas antara satu posisi terhadap posisi yang lain. Dalam hubungan antar golongan yang terdapat empaty etnis di pasar Klewer, juga membentuk struktur yang vertikal, dimana etnis Cina adalah berperan sebagai golongan yang paling berpengaruh terhadap gerak ekonomi pasar. Nilai “guyub” yang ada di pasar Klewer, menimbulkan struktur yang terorganisir dalam wadah organisasi HPPK. Organisasi ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pedagang dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat kolektif, juga kebutuhan akan rasa aman dan nyaman dalam mencari penghidupan. Adapun struktur relasi dan kehidupan antar golongan merupakan aspek statis dari suatu perilaku. Akan tetapi jika secara dinamis dilakukan terus-menerus dalam hubungan antar individu maupun kelompok maka perilaku beserta sistemnya akan melembaga dan disebut sebagai organisasi perilaku.
Kultur dapat melembaga dan membentuk struktur dan organisasi perilaku yang ada, juga membentuk struktur yang terorganisir dalam suatu wadah organisasi formal.

Temuan tentang sturktur dan organisasi di pasar Klewer ini sangat diperlukan oleh pada CD (Community Development) sebagai dasar untuk melakukan perencanaan penataan pasar Klewer secara partisipatif

Kata Kunci : Nilai yang melembaga, Struktur, Organisasi.

download tulisan lengkap

0 komentar: